Kumpulan Cerita, Pengalaman, Info, Berita, Cara dan Tips Terbaru

Seru Banget ! Ada Festival Durian di Gunung Kidul

Khoirudin

Seru Banget ! Ada Festival Durian di Gunung Kidul - Siapa yang gak tergoda dengan harumnya buah berduri ini, selain memiliki rasa yang enak, durian juga dikenal mampu meningkatkan daya tahan tubuh, alhasil banyak yang menikmati buah ini dengan berbagai cara pengolahan, ada yang dimakan langsung, dijus, dijadikan kue dan lain-lain.

Petani di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengadakan festival durian lokal untuk tingkatkan kwalitas serta mempopulerkan durian lokal.

Sekretaris Panitia Festival Durian 2015, Muhajir di Gunung Kidul, Minggu (22/2/2015), menyampaikan, festival durian yang di gelar ke-2 kalinya ini, dilombakan 30 buah durian dari petani setempat.

" Festival durian ini untuk mengenalkan durian Gunung Kidul pada orang-orang luas, " kata Muhajir di tempat lokasi ekowisata " Gogor Park " Ngasemayu.

Terkecuali festival durian, pihaknya juga lakukan lelang buah durian serta lomba makan durian.

Ia menyampaikan festival ini diinginkan dapat memperkanalkan bila lokasi yang di kenal tandus dapat membuahkan durian yang berkwalitas.

" Kami mau menunjukkan bahwa Gunung Kidul dapat membuahkan durian yang baik, " tuturnya.

Muhajir menyampaikan ada dua type durian petruk serta kencono rukmi kelebihan durian yang datang dari Patuk. Dua varietas sangatlah manis serta di jual saat telah masak di pohon.

Lelang yang dikerjakan oleh panita acara ada buah durian yang terjual dengan harga paling mahal seharga Rp450 ribu serta termurah terjual Rp30 ribu. Dari hasil lelang durian keuntungan dibagi jadi dua yaitu sejumlah 70 % untuk warga yang memiliki durian serta 30 % untuk pengembangan Gogor Park.

" Kami mau orang-orang mengetahui durian hasil dari Patuk yang mutunya tak kalah dengan durian dari luar daerah, " tuturnya.

Diluar itu, dalam festival kali ini dapat untuk mengenalkan Lokasi Gogor Park juga sebagai lokasi ekowisata.

" Kami mengenalkan ekowisata serta diinginkan dapat tingkatkan perekonomian warga seputar, " kata dia.

Konsumen durian termahal dalam lelang, Magdalena Dwi Shinta (25) wisatawan asal Pangkalan Bun, Kalimatan Tengah, mengakui ikuti festival waktu bertandang ke tempat wisata di Kabupaten Gunung Kidul.

" Kebetulan cocok di Gunung Kidul serta singgah disini, " tuturnya.

Diakuinya suka dapat beli durian seberat 3 kg dengan harga Rp450 ribu itu. Bahkan juga th. depan bakal kembali ke Gunung Kidul untuk ikuti festival durian.

" Th. depan, bila ada peluang bakal balik kesini, " tuturnya. (Pada)

Nah seru banget kan, baca juga nih : Pengalaman Pribadi Melewati Alas Roban yang Mencekam !

0 komentar:

Post a Comment

Kurang mengerti dengan artikel diatas, ingin menanyakan sesuatu yang kurang jelas atau ingin meninggalkan jejak? Silakan gunakan Kotak Komentar!. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, tanpa iklan, spam politik, porno, dan hal - hal negatif lainnya. Terima kasih!